Kalah dari Swedia, Wales Lanjutkan Tren Buruk Jelang Euro

By
Updated: June 6, 2016

Kalah dari Swedia, Wales Lanjutkan Tren Buruk Jelang Euro

Wales menelan kekalahan telak 0-3 dari sesama peserta Piala Eropa Swedia dalam laga persahabatan. Hasil itu memperpanjang tren buruk The Dragons jelang penampilannya di turnamen tersebut.

Wales menghadapi Swedia di Friends Arena, Stockholm, Minggu (5/6/2016) malam WIB ini. Mereka sudah mengikursertakan bintangnya Gareth Bale usai dia diberi waktu istirahat setelah final Liga Champions lalu.

Meski demikian Bale cuma duduk di bangku cadangan sementara di kubu Swedia tampil full team termasuk kaptennya Zlatan Ibrahimovic. Di kubu Wales, Aaron Ramsey tampil menggalang lini tengah.

Tampilnya Ibra membuat kubu Swedia tampil dominan dengan 14 attempts yang enam di antaranya mengarah sasaran. Sementara Ramsey kerepotan sendirian bekerja di lini tengah. Meski punya 11 attempts, tak satu pun upaya Wales yang mengarah ke gawang.

Namun Swedia sendiri baru bisa menjebol jala Wayne Hennessey pada menit ke-40 lewat Emil Forsberg lewat sepakan di dalam kotak penalti menyusul umpan matang Ibra.

Di babak kedua tepatnya di menit ke-57, Mikael Lustig menambah keunggulan Swedia jadi 2-0. Berawal dari tandukan Erik Johansson yang ditepis Danny Ward, bola rebound langsung dicocor Lustig jadi gol.

Usaha Wales mencari gol ditunjukkan dengan masuknya Bale di menit ke-64. Tapi itu tidak banyak membantu karena Wales tetap ditekan lawannya.

Tiga menit jelang waktu normal habis, Swedia mengubah skor jadi 3-0 berkat John Guidetti. Menyusul serangan balik cepat dari pertahanan Swedia, Guidetti sudah ada di kotak penalti untuk menuntaskannya jadi gol.

Bagi Swedia ini adalah modal berharga jelang laga perdana Grup E kontra Republik Irlandia sekaligus jadi kemenangan pertama mereka dalam empat laga internasional terakhir.

Sementara Wales justru menurun penampilannya setelah memastikan lolos ke putaran final pada 6 September lalu. Dari tujuh pertandingan internasional terakhir, mereka hanya menang sekali yakni 2-0 atas Andorra di laga terakhir kualifikasi.

Selebihnya anak asuh Chris Coleman itu empat kali kalah dan hanya dua kali imbang dengan empat laga terakhirnya hampa kemenangan termasuk kalah 0-1 dari Ukraina pekan lalu.

Laga perdana Wales adalah menghadapi Slovakia di Grup B pada 11 Juni besok.

Dari pertandingan lainnya, Republik Ceko menelan kekalahan mengejutkan dari Korea Selatan dengan skor 1-2.